Jumat, 01 Maret 2013

Macam-Macam Web Browser


Macam-Macam Web Browser :
             Apakah anda ingin mengetahui apa saja macam-macam web browser. Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu pengertian tentang web browser, Web Browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengambil, penyajian, dan melintasi sumber informasi di World Wide Web.

Semua hal macam-macam web browser mempunyai sumber informasi diidentifikasi dengan Unifor Resource Identifier (URI) dan mungkin menjadi halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten. Hyperlink hadir dalam sumber daya memungkinkan pengguna dengan mudah untuk menavigasi browser mereka ke sumber daya terkait dengan perantara 
macam-macam search engine. 

Macam-Macam Web Browser
Dalam sebuah macam-macam web browser juga dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak(software) aplikasi atau program yang dirancang untuk memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengambil dan melihat dokumen serta sumber daya lain di internet. Yang disajikan secara powerfull dan dengan teknologi yang nyaris sempurna.

Meskipun macam-macam web browser terutama ditujukan untuk mengakses World Wide Web, mereka juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang diberikan oleh web server dalam jaringan pribadi atau file dalam sistem file. Beberapa contoh Web browser utama  yang umumnya digunakan adalah Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dan Internet Explorer.

Asal Usul Macam-Macam Web Browser

Sebelum kita membahas inti dari macam-macam web browser terlengkap, kita harus tahu terlebih dahulu, asal muasal web browser itu seperti apa. Dibawah ini asal-usul yang kami ambil dari wikipedia.

Web adalah hasil dari sebuah kreasi suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global. Web menjadi komoditi yang diperebutkan oleh banyak pihak, sah-sah saja, mengingat salah satu aplikasi Internet yang populer adalah web.

Bahkan Microsoft dan Netscape sama-sama pernah berusaha membuat satu standarisasi web secara de facto. Untunglah, Berners-Lee bersama rekan-rekannya mendirikan World Wide Web Consortium (www.w3c.org) pada bulan Oktober 1994. W3C berhasil mencegah kalangan komersial mengambil-alih web. Kini beragam standarisasi web, seperti versi Hyper-Text Markup Language (HTML) dan Platform for Internet Content Selection (PICS), Cascading Style Sheet (CSS) dan eXtended Markup Language (XML) dirancang-bangun oleh W3C secara independen, tanpa ada tekanan dari manapun.

Kisahnya berawal ketika pada bulan Maret 1989, Berners-Lee, seorang lulusan Universitas Oxford berkebangsaan Inggris, mengajukan proposal tentang suatu sistem berbasis hypertext yang memungkinkan para peneliti fisika bisa berbagi informasi secara efisien dan efektif. Proposal tersebut diberi judul "HyperText and CERN". CERN merupakan nama tempat Berners-Lee bekerja saat itu, yaitu kependekan dari Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire, sebuah laboratorium riset bidang fisika partikel di Jenewa, Swiss. Pada penghujung tahun 1990, sebuah prototipe web berhasil dijalankan di sebuah perangkat komputer NeXT. Saat itu web sudah mengandung line-mode user interface yang disebut sebagai www. Esensi dasar sebuah web telah lahir!

Kemudian pada bulan Mei 1991, interface www tersebut mulai dipasang di mesin CERN dan dapat diakses melalui jaringan. Kemudian untuk pertama kalinya, tepatnya pada bulan Agustus 1991, informasi mengenai web tersebut disebarluaskan melalui newsgroup Usenet di alt.hypertext dan melalui newsletter CERN pada Desember 1991. Pada saat itulah web dan www mulai dikenal secara luas, meskipun masih mengunakan browser line-mode interface. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, pengguna harus mengetikkan perintah-perintahnya.

Salah seorang pemerhati perkembangan web dan www tersebut adalah Marc Andreesen, seorang mahasiswa University of Illinois, yang gemar mengutak-atik perangkat keras dan lunak di laboratorium kampusnya, National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Kemudian Andreesen bersama rekan-rekannya browser berdasarkan data-data dari CERN. Pada bulan Februari 1993 lahirlah browser graphical user interface (GUI) yang pertama. Informasi mengenai browser yang diberi nama Mosaic tersebut segera disebarluaskan melalui newsgroup. Mosaic merevolusi konsep tentang browser. Mosaic 1.0 secara resmi baru dirilis pada bulan November 1993, dengan menggabungkan berbagai aplikasi Internet seperti www, news, WAIS, e-mail dan tentu saja, kemampuan menampilkan gambar!

Bahkan hyperlink untuk pindah halaman telah berbentuk tulisan biru yang dapat di klik menggunakan mouse. Mosaic pun terjun dalam kiprah komersial. Pada April 1994, Jim Clark, pendiri Silicon Graphics, bersama dengan Andreseen mendirikan Mosaic Communication Corporation, yang kemudian berganti nama menjadi Netscape Corporation. Untuk selanjutnya, Mosaic dikembangkan oleh tim NCSA minus Andreseen, sedangkan Netscape Corporation mengembangkan Netscape. Saat itu, lisensi source code Mosaic, yang diberi kode SpyGlass, bisa ikut dimiliki oleh pihak lain.

Pada Desember 1994, lahirlah browser komersial yang pertama, Netscape 1.0 dari Netscape Corporation. Lantaran menyadari bahwa Netscape tersebut lahir dari dunia pendidikan, Netscape Corporation memutuskan mendistribusikan browser komersial mereka tersebut secara gratis khusus bagi kalangan pendidikan. Strategi ini menjadi kunci penting dalam perolehan pangsa pasar Netscape hingga 80% pada era tersebut.

Microsoft saat itu sedang tertidur pulas. IE 1.0 baru dirilis Agustus 1995, dalam bentuk Windows 95 Plus pack release yang komersial, alias tidak gratis. IE 1.0 tersebut berbasiskan pada source code Mosaic dengan lisensi SpyGlass. Bill Gates seperti tersambar petir ketika menyadari bahwa perkembangan Internet sedemikian pesat dan sedemikian penting, sama pentingnya dengan personal computer (PC) dan 
macam-macam sistem operasi. Orang-orang tengah keranjingan Internet. Saat itu browser adalah Netscape.

Dalam sekejap, Bill Gates melakukan mobilisasi Microsoft dan mulai serius mengembangkan IE. Akhirnya, IE 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1996 untuk berhadap-hadapan dengan Netscape. Bill Gates tidak mau tanggung-tanggung, mulai dari IE 3.0 tersebut, semua browser IE digratiskan sama sekali dan diikat dalam sistem operasi Windows. Hal tersebutlah yang akhirnya memicu perang browser, pengadilan anti-monopoli Microsoft dan runtuhnya dinasti Netscape.Panjang bukan asal usul yang terjadi pada macam-macam web broser. Memang disana diceritakan detail hinggan bill gates menemukan internet explorer sebagai web browser yang mendominasi didunia. Sampai sekarang sudah mulai bermunculan web browser yang semakin powerfull.

Fungsi dari Macam-Macam Web Browser


Tahukah anda apa saja fungsi dari macam-macam web browser yang biasa anda gunakan saat ini. Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap fungsi web browser yang sebenarnya.
a. Caching

Bertujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Dengan cara menyimpan data dan instruksi yang sering digunakan/diakses.
b. Authentication
Authentication adalah suatu proses untuk melakukan validasi terhadap identitas user, yang ditujukan untuk menentukan apakah seorang user diperkenankan untuk mengakses jaringan. Contoh authentication yang paling sering ditemui adalah saat kita diharuskan untuk memasukkan username dan password.
c. State Maintenance
Sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa web browser tetap stabil baik untuk merequest ataupun untuk merespon.
d. Requesting supporting data item
Mekanisme yang dilakukan untuk meminta item yang mendukung data yang diminta oleh user. Contoh: flash player plugin.
e. Taking action in responses to other header & status code
Setiap kali mengunjungi suatu halaman web, komputer akan meminta data dari server melalui HTTP. Bahkan sebelum halaman yang diminta akan ditampilkan dalam browser, web server akan mengirimkan header HTTP yang memiliki kode status. Kode status inilah yang menyediakan informasi tentang status permintaan.
f. Rendering complex object
Proses menangkap segala sesuatu yang ada di dalam halaman web serta efek-efek yang terdapat didalamnya. Sehingga halaman yang ditampilkan sesempurna mungkin.
g. Dealing with error condition

Handling atau penanganan error yang terjadi.

Itulah ke delapan fungsi utama dalam macam-macam web browser yang ada. Bisa dibilang fungsi ini yang belum banyak orang ketahui, karena biasanya orang hanya mengkonsumsi saja, tanpa tahu dibalik apa saja yang telah dia gunakan dalam web browser.

Macam-Macam Web Browser - Kelebihan dan Kekurangannya

Pembahasan tentang macam-macam web browser memang belum selesai, karena pada pembahasan ketiga ini kita memasuki inti dari judul artikel diatas. Sebelumnya kita juga pernah membahas tentang macam-macam topologi jaringan komputer.

Nah disini akan kami sajikan 5 macam browser yang sudah sangat terkenal di dunia. Karena semua orang pasti menggunakannya, silahkan disimak. Di internet banyak sekali betebaran macam-macam web browser. Dan tentu saja masing-masing Web Browser memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini sebagian macam-macam web browser yang salah satunya pasti sering kita pakai
1. Web Browser Mozilla Firefox 

Dibuat oleh mozilla corporation, Mozilla firefox adalah salah satu dari web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Web Browser merupakan salah satu dari macam macam Web Browser yang handal karena didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall secara terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.


(+) Kelebihan Web Browser Mozilla Firefox:
  • Banyak fitur tambahan add ons alias pengaya, ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user
  • Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia
  • Updatenya mudah
  • Sistem security kuat
  • Hemat resource memory
  • Interface/tampilan lay out yang simple sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.
(-) Kekurangan Web Browser Mozilla Firefox
  • Terkadang loadingnya cukup lama saat mulai start awal, terlebih lagi jika banyak adds-on yang terinstall. 
  • Saat memulai mode Private,  harus menutup terlebih dahulu semua halaman dalam mode regular 
2.  Web Browser Google Chrome

Google Chrome mulai diliris pada tanggal 2 September 2008 yang lalu.

(+) Kelebihan Web Browser Google Chrome:
  • Memiliki kemampuan browsing yang lumayan cepat
  • Secara otomatis dapat membookmark situs situs yang pernah dibuka sebelumnya selain histori, dan halaman yang sering dikunjungi
  • Keunggulan browser addressnya karena dapat berfungsi sebagai search engine
  • Memiliki fitur Google Chrome diantaranya mendukung flash dan java (terintegrasi)
  • Penggunaan memori tab yang terpisah
  • Mendukung Bahasa Indonesia.



(-) Kekurangan Web Browser Google Chrome:
  • Masih terlalu banyak security holenya sehingga tidak disarankan untuk pakai bertransaksi keuangan
  • Penggunaannya masih terbatas pada Windows XP dan Vista
  • Makin banyak tab baru dibuka, maka butuh lebih banyak memori saat browsing
  • Statis, fiturnya kurang banyak
3. Web Browser Opera

Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons,  Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.

(+) Kelebihan Web Browser Opera :
  • Ringan dan cepat
  • Memiliki email client dan rss sendiri, jadi kita tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
  • Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
  • Fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat se hingga halaman terbuka lebih cepat
  • Memiliki fitur penyimpan halaman dalam bentuk .mht (single file), yang belum dimiliki Chrome & Firefox dalam versi standar
  • Banyak fitur pengaya/addons widgetdan aplikasi
  • Fitur Opera yang paling unik adalah fitur "Voice Interaction". Dengan fitur ini, Anda dapat memerintahkan Opera untuk mereload halaman, log in, membuka tab baru, mengklik link dan lain-lain dengan suara Anda 
(-) Kekurangan Web Browser Opera :
  • Gagal dalam membaca script pada situs-situs tertentu
  • Tampilannya yang kelewat "advance", membuat pengguna pemula kesulitan saat awal menggunakannya
  • Untuk mengupdatenya pengguna Opera harus mendownload kembali file masternya
4.  Web Browser Safari

Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistemoperasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistemoperasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Pada 11 Juni 2007, versi preview untuk Windows dari Safari diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Sedunia Apple di SanFrancisco.

(+) Kelebihan Web Browser Safari :
  • Mempunyai fitur Nitro Engine yang bisa mengevakuasi java script lebih cepat
  • Mendukung web dengan html 5 yang lebih dinamis
  • Memiliki tampilan browser yang simple.
(-) Kekurangan Web Browser Safari :
  • Sistem keamanan kurang
  • Tampilan terlihat asing bagi windows
  • Tidak tersedianya plug in pada versi windows
5. Web Browser Internet Exporer

Internet Exporer besutan Microsoft Corporation. Sering di kenal singkatan IE. Sejak tahun 1995 Internet Exporer mulai di masukkan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows

(+) Kelebihan Web Browser Internet Explorer :
  • Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
  • Khusus Internet Explorer 9 (IE9), tampilannya lebih simpel, elegan dan menarik
  • Browser ini sangat terintegrasi dengan Sistem Operasi Windows karena menjadi browser standar dari Microsoft
  • Untuk pengguna Windows Live pengguna akan di manjakan dengan tersedianya tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.
(-) Kekurangan Web Browser Internet Explorer
  • Adakalanya tidak bisa/gagal dalam membaca script yang ada dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
  • Seringkali berat pada saat awal start atau saat pengguna sedang membuka tab baru.
  • Khusus IE9 tidak mendukung Sistem Operasi Windows XP 


6. Flock




    

   Flock adalah web browser yang dibangun dengan code Mozilla Firefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan web 2.0.
   Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.

Kelebihan Flock Browser:
-Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial.
-Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda.
-Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.

Kelemahan Flock Browser:
-Flock membutuhkan resources yang lebih besar. Di beberapakomputer, memulai Flock untuk pertama kalinya akan memakan waktu agak lama.


7. K-Meleon
                                      


   K-Meleon merupakan salah satu browser gratis yang open source, dimana para pengembangnya bisa datang dari seluruh dunia. Browser ini boleh dikatakan sebagai salah satu browser yang bagus, karena sifatnya yang open source sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi atau mengkustomise browser tersebut sehingga sesuai dengan keinginannya.

Kelebihan Dari Browser K-Meleon:
-Cepat dan ringan, sehingga anda akan menyimpan lebih banyak waktu untuk loading membuka halaman web pada komputer.
-Lebih simple dibandingkan dengan Opera atau Mozilla Firefox.
-Tanpa bermacam-macam plugin maupun add-ons yang membuat kerja browser lebih ringan dan cepat tentunya.
Kelemahan Dari Browser K-Meleon:
-Secara default, K-Meloen sudah memblock iklan-iklan yang ternama, sehingga membuka halam web loading jadi berasa ringan dan cepat banget dan tentunya memakan memori pada komputer kita.
-Tidak mempunyai add ons.


8. SeaMonkey
                                              

   SeaMonkey atau lengkapnya Mozilla SeaMonkey adalah suatu internet suite, yang merupakan gabungan web browser untuk menjelajah internet, e-mail client untuk menerima dan mengirim e-mail, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman-halaman website yang menggunakan html (hyper text mark-up language).
   Dahulunya perangkat lunak ini bernama Mozilla Application Suite, yang merupakan pengembangan dari Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar). SeaMonkey merupakan peranhkat lunak yang bersifat free software, open source, dan cross-platform. Dikembangkan secara bersama oleh suatu komunitas yang dipimpin oleh SeaMonkey Council (Dewan SeaMonkey).

Kelebihan Dari SeaMonkey Browser:
-Bisa berguna untuk email dan browser sekaligus.
-Penterjemahan website2 yang berbahasa asing (China, Jepang, Korea, Spanyol, dll) ke bahasa Inggris yang lebih mudah dimengerti.
-Dapat memfilter email spam ataupun virus.

Kelemahan Dari SeaMonkey Browser:
-Ada beberapa jenis web yang tidak mau dan tidak bisa dibuka.

8. Camino
                              

  
   Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful. Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac.

Kelebihan Dari Camino Browser:
-Tersedia block flash terintegrasi, jadi bisa hemat bandwidth.
-Koneksinya cepat dan tidak lambat.

Kekurangan Dari Camino Browser:
-Diproduksi hanya untuk Mac.


10. Konqueror Browser
                                




   Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.

Kelebihan Dari Browser Konqueror:
-Selain sebagai web browser, adalah kemampuannya melakukan manajemen file lokal, serta file viewer. Dengan teknologi KPart object model, browser ini mampu mengeksekusi, bahkan mengedit file-file yang spesifik seperti dokumen atau file berformat Pdf. KPart juga dapat digunakan untuk menanamkan konten multimedia pada halaman HTML.

Kelemahan Dari Browser Konqueror:
-Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE. Namun, Konqueror tetap terbatas pada Windows.
-Tidak dapat me-render dengan baik semua halaman web, terutama spesifik pada web browser lain.

0 komentar:

Poskan Komentar